Pemberdayaan Perempuan

Pemenang Lomba Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2017.

Kegiatan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2017. Kegiatan P2WKSS melibatkan 31 kelurahan yang nantinya akan dipilih 5 kelurahan nominasi pemenang. Kegiatan diawali dengan seleksi administrasi, pembinaan lapangan, penjurian serta penghargaan pada puncak peringatan Hari Kartini 2017.pembinaan-p2wkss

Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan yang berupaya guna meningkatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam dan lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia dengan perempuan sebagai penggeraknya.

pembinaan-p2wkssUnsur pembinaan P2WKSS meliputi 12 sektor, yaitu : Sektor Keagamaan, Sektor Hukum dan HAM, Sektor Kesehatan, Sektor Pendidikan, Sektor Perindustrian Perdagangan, Sektor Kominfo, Sektor Koperasi dan UMKM, Sektor Sosial, Sektor Perlindungan Perempuan dan Anak, Sektor Ketahanan Pangan, Sektor TP-PKK dan Sektor Narkotika.

Hasil seleksi administrasi terdapat 5 Kelurahan yang terpilih yakni Kelurahan Kandangan (Benowo), Kelurahan  Balongsari (Tandes), Kelurahan Asemrowo (Asemrowo), Kelurahan Kedungdoro (Tegalsari) dan Kelurahan Wiyung (Wiyung). 5 Kelurahan tersebut mendapat pembinaan lapangan oleh tim Pembina pada tanggal 7 – 13 April 2017. Selanjutnya pada hari Rabu-Kamis, 19-20 April 2017 diakukan penjurian di BG Junction Surabaya Ruang Terbuka Rainbow Lt II.

penjurian-peserta-di-bg-junctionBerikut hasil penilaian Tim Pembina pada hari Kamis, 20 April 2017

NO KECAMATAN KELURAHAN JUARA
1 Benowo Kandangan Kelurahan Terbaik
2 Asemrowo Asemrowo Nominasi Kelurahan Terbaik
3 Wiyung Wiyung Nominasi Kelurahan Terbaik
4 Tandes Balongsari Nominasi Kelurahan Terbaik
5 Tegalsari Kedungdoro Nominasi Kelurahan Terbaik

piala-p2wkss-217Pemberian Hadiah pada 5 pemenang diatas dilaksanakan pada Puncak Peringatan Hari Kartini hari Sabtu, 29 April 2017 di Taman Surya Surabaya. Pemenang P2WKSS yakni Kelurahan Terbaik mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp.5.000.000. Sementara Nominasi Kelurahan Terbaik P2WKSS masing-masing mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp.1.500.000

pemberian-hadiah-p2wkss-di-puncak-kartini-2017
Dra. Nanis Chairani, MM, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya berharap para kelurahan pemenang dapat menjadi inspirasi kelurahan lain. “Kelurahan Terbaik P2WKSS yang terpilih semoga dapat menginspirasi kelurahan lain terkait pemberdayaan perempuan di lingkungan masing-masing “ ujar perempuan berhijab ini disela-sela penyerahan hadiah di Taman Surya. (s1h).